Salah satu upaya untuk mengembangkan minat baca anak adalah dengan menciptakan lingkungan baca yang menarik. Menumbuhkan minat baca bukanlah tugas yang mudah, mengingat tantangan yang ada. Namun, upaya ini dapat dimulai dari lingkungan sekolah. Setiap sekolah sebaiknya menghidupkan kembali program pojok baca sebagai sarana untuk siswa mengembangkan minat membaca dan menulis.
Program pojok baca yang diterapkan sejak dini, misalnya di tingkat SMP, akan membuat siswa terbiasa dengan kegiatan membaca. Tujuan utama dari program pojok baca adalah mengantisipasi buta huruf dan meningkatkan literasi membaca. Dengan program ini, siswa dilatih dan dibiasakan untuk membaca buku setiap hari selama 30 menit hingga 1 jam bersama teman-teman. Kegiatan ini akan menanamkan persepsi bahwa membaca adalah tradisi dan budaya yang tidak boleh hilang, bahkan hingga mereka dewasa kelak.



Pohon literasi yang ada di SMP Mardisiswa 2 terdapat banyak materi terkait mata pelajaran yang di ajarkan dan pohon literasi yang ada di SMP Mardisiswa 2 Terdapat 4 titik yang tersebar di lingkungan sekolah, tujuan dari pohon literasi yaitu untuk mempermudah murid untuk mencari informasi terkait materi yang mungkin murid belum ketahui, dan bisa untuk malaksanakan pembelajaran luar kelas dimana murid di ajak untuk melaksanakan pembelajaran di pojok baca dengan media pembelajaran pohon literasi.
Alfianda Ikhsan Susanto S.Pd, September 2025
