Dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi perkembangan siswa, 14 guru di SMP MARDISISWA 2 dan Kepala sekolah telah mengambil langkah proaktif dengan mengadakan kegiatan “Survey Lingkungan Belajar” yang disebut “Sulingjar.” Kegiatan ini bukan hanya sekadar observasi, tetapi juga bertujuan untuk mengukur aspek-aspek lingkungan satuan pendidikan (input dan proses belajar-mengajar) yang berdampak pada proses dan hasil belajar peserta didik. Pertanyaan dalam Instrumen Sulingjar akan disesuaikan dengan perpektif masing-masing responden.. Kegiatan yang sudah ditetapkan oleh kemendikbudristek seyogyanya berlangsung mulai tanggal 25 September hingga 8 Oktober 2023. Akan tetapi kegiatan sulingjar ini dilaksanakan hanya sehari oleh sekolah yaitu pada tanggal 25 September 2023 mulai pukul 13.00-15.00 di Laboratorium Komputer setelah kegiatan pembelajaran/ ASTS di sekolah selesai.

Tujuan Utama Sulingjar

  1. Memahami Kebutuhan Siswa: Guru-guru ingin memahami dengan lebih baik kebutuhan dan preferensi siswa dalam lingkungan belajar. Ini termasuk preferensi mengenai fasilitas fisik, metode pengajaran, dan sarana pendukung lainnya.
  2. Evaluasi Efektivitas Pembelajaran: Sulingjar bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana metode pengajaran yang ada dan fasilitas pendidikan sudah mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Peningkatan Kualitas Lingkungan Belajar: Guru ingin mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan perubahan dalam lingkungan belajar mereka, termasuk aspek fisik dan non-fisik.
  4. Kolaborasi Guru: Melalui Sulingjar, guru-guru dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan berbagi pengalaman untuk mengidentifikasi solusi terbaik bagi kebutuhan sekolah mereka.

Manfaat Sulingjar

Sulingjar bukan hanya sebuah kegiatan sekolah biasa, tetapi juga merupakan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Beberapa manfaat utamanya adalah:

  1. Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Dengan memahami kebutuhan siswa dan lingkungan yang mendukung, guru dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa.
  2. Kolaborasi Guru: Guru-guru bekerja sama, berbagi ide, dan belajar satu sama lain, meningkatkan profesionalisme mereka.
  3. Lingkungan Fisik yang Lebih Baik: Sulingjar membantu mengidentifikasi kekurangan dalam fasilitas fisik dan mengarah pada perbaikan yang diperlukan.
  4. Pengembangan Kurikulum: Sulingjar juga dapat memicu perubahan dalam kurikulum, memastikan bahwa materi yang diajarkan lebih relevan dan menarik bagi siswa.
  5. Peningkatan Motivasi: Melalui partisipasi aktif dalam perubahan dan perbaikan, guru dan siswa merasa lebih termotivasi dan memiliki rasa kepemilikan terhadap sekolah mereka.

Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) yang dilakukan oleh 14 guru dan kepala sekolah di SMP MARDISISWA 2 adalah bukti komitmen kami untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi siswa. Dengan upaya yang terus-menerus untuk memahami, mengevaluasi, dan meningkatkan lingkungan belajar, adalah teladan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Semoga inisiatif seperti Sulingjar terus berkembang dan memberikan inspirasi bagi sekolah lain untuk mengadopsi pendekatan serupa.

 

(Rino Budiprianto, S.Pd September 2023)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *