Pada hari Senin, 27 September 2022, seluruh Bapak/ibu guru, karyawan, dan peserta didik memperingati Bulan Literasi Kota Semarang dengan gerakan Semarang membaca. Kegiatan tersebut bertema Transformasi Literasi Meningkat Kesejahteraan Masyarakat Kuat Menuju Semarang Semakin Hebat.
Pelaksanaan peringatan literasi dilakukan di teras kelas, di teras ruang guru, dan di taman. Seluruh Bapak/ibu guru, karyawan, dan peserta didik kelas 7, 8, dan 9 membaca berbagai jenis buku yang berbeda-beda. Ada yang membaca dongeng, novel, komik, majalah, dan surat kabar. Peserta didik sangat serius dalam membaca dan memahami isi bacaanya. Setelah selesai membaca, peserta didik menuliskan informasi penting yang diperoleh dalam buku tersebut.
Literasi tidak sekedar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir mengguanakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan autori. Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
Hal yang paling mendasar dalam praktik literasi adalah kegiatan membaca. Literasi adalah kegiatan membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari hal lainnya. Kemampuan ini penting bagi pertumbuhan intelektual peserta didik. Melalui membaca peserta didik dapat menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya. Membaca memberikan pengaruh budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi peserta didik. Sayangnya, sampai saat ini prestasi literasi peserta didik di Indonesia masih rendah.
Rendahnya literasi membaca tersebut akan berpengaruh pada daya saing bangsa dalam persaingan global. Hal ini memberikan penguatan bahwa pembiasaan wajib baca sangat penting diterapkan dalam pendidikan di Indonesia, karena wajib baca memiliki tujuan yang sangat luas dan mendasar yakni: a) membentuk budi pekerti luhur, b) mengembangkan rasa cinta membaca, c) merangsang tumbuhnya kegiatan membaca di luar sekolah, d) menambah pengetahuan dan pengalaman, e) meningkatkan intelektual, f) meningkatkan kreativitas, g) meningkatkan kemampuan litarasi tinggi.